CONTOH HEWAN KARNIVORA PEMAKAN DAGING

CONTOH HEWAN KARNIVORA PEMAKAN DAGING

apa yang kalian ketahui tentang hewan karnivora? Ya kali ini saya akan berbagi ilmu tentang hewan karnivora. Tentang pengertian, ciri-ciri dan juga contoh-contoh hewan karnivora.
berdasarkan makanannya hewan digolongkan menjadi 4 jenis yang berbeda. Yaitu herbivora, karnivora, omnivora dan insektivora. Setiap golongan hewan pasti memiliki perbedaan antara satu sama lain. Entah perbedaan makanannya, bentuk tubuhnya, habitatnya atau kemampuannya.
Nah, pada kali ini saya akan mengajak teman-teman semua untuk mengenal lebih dekat tentang hewan karnivora. Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengetahuinya atau bahkan sudah faham tentang hewan ini.
Sebelum berbicara banyak tentang hewan karnivora alangkah baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu pengertian hewan karnivora. Karnivora adalah pemakan daging.
Tetapi karnivora juga sering diartikan sekelompok hewan yang memiliki kemampuan untuk memburu mangsa untuk dimakan dagingnya. Jadi`kesimpulannya  hewan karnivora adalah hewan yang bisa dikatakan hewan buas. Tetapi ada sebagian kecil hewan karnivora yang tidak berbahaya misal kucing.
Sebagian besar hewan karnivora berkembang biak secara beranak. Tetapi ada sebagian kecil golongan ini yang berkembang biak secara ovovivipar atau ovipar.
Biasanya hewan jenis  karnivora ini mempunyai kuku yang tajam pada kaki dan tangannya, dan juga memiliki taring yang tajam. Selain itu mereka juga memiliki kemampuan khusus untuk berburu mangsanya. Misalnya singa, mereka memiliki kemampuan untuk mengintai mangsanya dari kejauhan dan juga dapat berlari yang cepat.
Ciri-ciri Hewan Karnivora
Setiap kelompok hewan pasti memiliki perbedaan dengan kelompok hewan yang lainnya. Karena pada dasarnya setiap kelompok memiliki kebiasaan, habitat dan makanan yang berbeda-beda.Berikut ini  beberapa ciri-ciri hewan karnivora antara lain.

1.Makanan utamanya adalah daging.
2.Termasuk hewan mamali atau hewan menyusui.
3.Memiliki kemampuan untuk berburu mangsa.
4.Sebagian besar hewan karnivora berkembang biak secara vivipar.
5.Termasuk golongan hewan yang memiliki tulang belakang (vertebrata).
6.Sebagian basar hewan karnivora hidup di darat.
7.Termasuk hewan yang berbahaya atau hewan buas.
8.Memiliki kuku dan gigi taring yang tajam.
9.Memiliki kemampuan untuk bergerak dengan sangat cepat.
10.Memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam.

Contoh-contoh Hewan Karnivora:

1.HARIMAU
hewan karnivora

Harimau tergolong dalam hewan mamalia yang memiliki tulang belakang dan berdarah panas.harimau merupakansalah satu jenis kucing tercepat setelah saudaranya, citah
Harimau juga termasuk ke dalam jenis hewan karnivora karena memiliki kuku yang tajam dan mempunyai gigi taring.Biasanya harimau memangsa hewan lain Seperti rusa, kijang, domba, zebra, babi dan jenis hewan mamalia lainnya.
2.SINGA
hewan karnivora

Singa adalah salah satu spesies mamalia yang termasuk dalam keluarga felidae atau jenis kucing besar. Singa hidup dan berkembang biak dengan cara berkelompok, dengan satu jantan dan beberapa betina. Akan tetapi singa betina lebih produktif dalam berburu dan mencari mangsa.
Sedangkan spesies jantan bersikap tenang dan hanya meminta bagian dari hasil buruan singa betina. Karena Singa jantan dipercaya lebih perkasa dan lebih buas dari kucing besar lainnya.

3.KUCING
hewan karnivora

Kucing adalah salah satu hewan yang termasuk dalam golongan mamalia pemakan daging. Pada dasarnya kucing tidak terlalu membahayakan manusia. Karena Kucing memiliki tubuh kecil yang ditutupi oleh bulu dengan berbagai variasi warna.
Karena keindahan bentuk tubuh dan warna bulunya tidak sedikit manusia yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Walaupun ada sebagian kecil manusia yang tidak menyukai dengan hewan ini.

4.ANJING
hewan karnivora

Anjing adalah hewan sejienis mamalia yang sudah mengalami peubahan sejak 15.000 tahun yang lalu. Anjing mengalami penyebaran dan perkembangna dengan sangat baik sehingga menghasilkan berbagai macam jenis spesies. Anjing Hewan ini termasuk dalam golongan mamalia pemakan daging, seperti halnya kucing.
Walaupun termasuk hewan karnivora, namun banayak manusia yang menjadikannya hewan sebagai hewan peliharaan. Karena anjing memiliki bulu dan rambut yang indah, menurut sebagian orang. anjing juga dapat membantu pekerjaan manusia misalnya menjaga rumah karena anjing ahewan yang pintar dan lihai apabila hewan tersebut dilatih dengan baik.

5.BERUANG
hewan karnivora

Beruang madu termasuk hewan dari kelompok hewan ursidae yang merupakan hewan terkecil dari delapan jenis beruang yang ada di dunia. Beruang madu adalah hewan asli dari daerah Bengkulu, sekaligus menjadi simbol dari kota tersebut.
Beruang madu dewasa hanya memiliki panjang tubuh 1.4 m dan tinggi punggungnya 70 cm beratnya hanya 50- 65 kg. Beruang madu memiliki bulu berwarnan hitam, berkilau dan berbulu pendek. Biasanya hewan ini tinggal dan berkembang biak di hutan primer, sekunder serta di daerah pertanian.

6.MACAN DAHAN
hewan karnivora

Macan dahan adalah sejenis kucing yang berukuran sedang, dengan panjang tubuh hanya 95 cm. Hewan ini memiliki bulu berwarna kelabu kecoklatan dengan motif seperti awan dan bintik hitam di tubuhnya. Mereka memiliki kaki yang pendek, tetapi macam ini memiliki telapak kaki yang besar dan ekor yang panjang.
Biasanya macan dahan hidup dan berkembang biak di daerah dataran rendah dan pegunungan. Hewan ini termasuk dalam hewan nokturnal yang aktif berburu pada malam hari.

7.SERIGALA
hewan karnivora

Serigala  termasuk jenis hewan mamalia sekaligus hewan karrnivora. Hewan ini salah satu jenis hewan karnivora yang memiliki tubuh yang  kecil. Biasanya hewan karnivora yang satu ini memiliki bentuk dan ukuran tubuh sama seperti anjing.
Hanya saja perbedaan kedua hewan ini terdapat pada sifat yang dimiliki kedua hewan tersebut. Anjing memiliki sifat lebih jinak dan dapat berbaur dalam kehidupan manusia. Namun pada hewan serigala mereka memiliki insting berburu dan menyerang yang ganas, dan mustahil untuk dijadikan peliharaan.

8.CITAH
hewan karnivora

citah juga termasuk hewan mamalia. Hewan ini mengandalkan kecepatannya untuk berburu,tidak dengan mengitai atau secara bergerombol. Karena hewan ini adalah hewan tercepat di dunia.
Hewan ini mampu berlari dengan kecepatan hingga 110 km/jam, melebihi kecepatan singa dan harimau. Citah hidup dan berkembang biak di daerah hutan liar. Karena disanalah mereka dapat menemukan sumber makanan mereka, seperti rusa, kijang dan zebra.

9.MUSANG
hewan karnivora

Musang adalah salah satu sebutan yang diberikan untuk sekelompok mamalia pemangsa dari suku viverridae. Hewan ini merupakan salah satu hewan malam dan mereka memiliki kemampuan untuk memanjat yang baik. Musang termasuk jenis hewan karnivora walaupun mempunyai ukuran tubuhkecil, namun musang dapat berlari dengan gesit. Biasanya  musang melindungi diri dengan cara berpura-pura mati agar musuhnya.

10.RAJAWALI
hewan karnivora

Rajawali totol adalah salah satu jenis burung rajawali yang hidup dan tinggal di hutan dataran rendah. Hewan ini menyebar di daerah Benua Eropa dan Benua Asia, dan hewan ini menyebar dari Firlandia sampai Tiongkok. Burung ini adalah salah satu burung yang makannan utamanya adalah daging.
Rajawali biasanya berukuran antara  antara 62-74 cm. Rajawali jenis ini memiliki bulu berwarna gelap pucat dengan bulu-bulu terbang pucat dan ramping. Hewan ini juga memiliki kemampuan untuk terbang tinggi dalam waktu yang lama.
Demikian artikel tentang contoh hewan karnivora pemakan daging semoga dapat menambah wawasan terima kasih.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment